Minggu, 20 Februari 2011

Proses Komunikasi Keperawatan


Kata Pengantar



Assalamu’alaikum Wr.Wb

            Puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena atas Rahmat dan Hidayat-Nya Makalah ini dapat kami susun dengan judul  konsep dasar komunikasi “ Proses Komunikasi keperawatan ”.
            Dalam penyusunan makalah ini telah banyak yang terlibat baik dosen pengajar maupun teman – teman, dan atas bantuannya kami mengucapkan terimakasih.
            Akan tetapi penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna.Untuk itu kami mohon masukan kritik dan saran membangun demi kebaikan yang kami susun selanjutnya.Kami juga berharap makalah ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa AKPER khusunya dan masyarkat umumnya.
            Akhir kata kami mengucapkan banyak terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr.Wb.




                                                                                   

Bantul, 16 Maret 2010
                                                                                    Ttd




                                                                                    Penyusun







Proses Komunikasi Keperawatan

Merupakan serangkaian tindakan atau peristiwa yang terjadi secara berurutan (ada tahapan atau sekuenci) serta berkaitan satu sama lainnya dalam kurun waktu tertentu dengan menggunakan lambing(simbol)sebagai media.Komunikasi berlangsung apabila terjadi kesamaan makna dalam pesan yang diterima oleh komunikan.

Wilbur Schramm(dalam Effendy, 1994)menyatakan bahwa komunikasi akan berhasil (terdapat kesamaan makna) apabila pesan yang disampaikan oleh komunikator cocok dengan kerangka acuan frame of reference),yakni paduan pengalaman dan pengertian(collection of experiences and meanings)yang diperoleh oleh komunikan.

Schramm menambahkan,bahwa bidang(field of experience)merupakan factor penting juga dalam komunikasi.Jika bidang pengalaman komunikator sama dengan bidang pengalaman komunikan,komunikasi akan berlangsung lancar.Sebaliknya,bila bidang pengalaman komunikan tidak sama dengan bidang pengalaman komunikator,akan timbul kesukaran untuk mengerti satu sama lain.Dengan kata lain,komunikasi adalah proses membuat pesan yang setala bagi komunikator dan komunikan.

    Prosesnya sebagai berikut:

1.    komunikator
2.    komunikan
3.    pesan yang disampaikan(message)
4.    umpan balik(feed back)

   Skema diatas adalah uraian tentang proses terjadinya komunikasi yang dilakukan antara A dan B.
*Bilamana B menerima pesan dari A dan memberikan jawaban kepada A,maka jawaban tersebut merupakan feed back terhadap pesan yang diterima oleh B.

Misal:di pos pelayanan terpadu atau posyandu,seorang kader bertanya kepada ibu:”siapa nama anak ibu?” jawab ibu tersebut:”Niken” jadi,Niken inilah yang menjadi umpan balik.

Keterangannya:


1.    Komunikator(sender)yang mempunyai maksud berkomunikasi dengan orang        lain mengirimkan suatu pesan pada orang yang dimaksud.Pesan yang disampaikan berupa informasi dalam bentuk bahasa ataupun simbol-simbol yang dimengerti kedua belah pihak.

2.      Feed back atau umpan balik.
Umpan balik adalah suatu respon yang diberikan oleh penerima.Penerima disini bukan dimaksudkan kepada penerima sasaran (khalayak).Namun juga bisa didapatkan dari media itu sendiri.Umpan balik datang dari komunikasi disebut(1)external feed back,(2)direct feed back atau umpan balik segera,(3)indirect atau umpan balik tertunta.

Misal:
·         Mengerti sebagai tanda “ya” dengan mengangguk,belum atau tidak mengerti dengan menggelengkan kepala.

·         Melihat kejurusan lain sebagai tanda bahwa komunikasi tidak ada perhatian terhadap pesan yang disampaikan oleh komunikator

·         Surat pembaca kepada redaksi,surat kabar dan sebagainya.

3.Message atau pesan  
     
            Pesanbersifat menghibur,informatif,edukatif,persuasive,dan juga bersifat propaganda.Pesan disampaikan melalui dua cara yaitu verbal dan nonverbal bias melalui tatap muka atau melalui sebuah media komunikasi.Pesan bisa dikatakan message,content,atau information channel (media dan saluran komunikasi).Sebuah saluran komunikasi ada tiga bagian:lisan,tertulis dan elektronik.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar